Trending

Tuesday, March 31, 2015

Sukses Usaha Karena Hal-hal yang Kecil

Menulis blog

Hi Bisnisman, Promosi usaha apapun di blog memang pilihan yang tepat, apalagi karena gratisnya. Dari hal yang kecil inilah kita bisa meraih kesuksesan, karena banyak orang yang mengabaikannya.


Awalnya saya kira menulis hanya menuangkan kata-kata yang disusun menjadi sebuah kalimat dan disusun jadi paragraf yang utuh, itu saja. Ternyata pengaturan penulisan juga sangat penting, karena hal itu diperlukan untuk memudahkan tulisan kita dikenali oleh mbah Google.

Setelah saya banyak membaca artikel tentang menulis di blogger yang sudah dishare kan oleh senior sebelumnya, itu sangat membantu saya dalam memahami menulis di internet. Pemformatan di situs memang jauh berbeda dengan penulisan surat kabar maupun penulisan pada surat.

Google telah membuat aturannya sendiri, bagaimana mesin google mengindek tulisan dan artikel supaya mudah dikenali. Sesuai sistematika yang sudah dipasangkan pada algoritma google. Bukan hanya pada tulisan, gambar juga ada aturannya sendiri.

Tulisan pada sebuah artikel yang pertama kali di baca oleh oleh algoritma adalah H1 atau heading. Ini yang penting. Jadi, kita harus meletakkan sebuah kata kunci yang paling utama pada baris heading ini, yang nantinya akan muncul dalam pencarian google.

Berikutnya adalah penulisan sebuah kutipan atau yang biasa disebut Quote. Kita dapat meletakkan beberapa kata atau satu paragraf dalam format quote agar mudah dibaca oleh pembaca maupun oleh mesin pencari.

Korban Permainan Bisnis

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menambahkan bold atau italic juga warna font yang menampilkan tulisan tersebut sangat mencolok. Sehingga ada kesan bahwa tulisan yang dicetak tebal, miring atau dengan warna tulisan adalah kata penting yang ada dalam artikel tersebut.

Di luar masalah penulisan, tapi ini melekat pada artikel yang kita post kan, yaitu memberikan sebuah label untuk memudahkan kita atau pembaca dalam mengelompokkan sebuah artikel. Pilihlah label yang sesuai dengan isi artikel, setidaknya ada hubungannya dengan artikel yang kita tulis.

Tautan permanen atau link yang menyatakan url artikel kita ditulis. Hal ini dapat kita buat secara manual atau otomatis. Untuk mengatur lebih spesifik lagi, ada baiknya kita lakukan secara manual berdasarkan keyword pada artikel atau tulisan kita.

Dan yang terakhir adalah deskripsi penelusuran yang fungsinya untuk membantu mesin pencari mengenali artikel kita berdasarkan deskripsi penelusuran yang kita masukkan. Bisa dibilang keyword untuk postingan kita supaya mudah diketemukan.

Beberapa hal itulah yang awalnya sempat saya abaikan semua dan ternyata berdampak sangat signifikan bagi berlangsungnya blog saya. Sekarang saya telah menerapkannya setahap demi setahap. Terimakasih.

No comments:

Designed By Blogger Templates